5 Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah Agar Tak Boros

Mau melakukan renovasi rumah? Biasanya, Anda akan mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk hal ini. Biaya tersebut meliputi pembelian bahan-bahan bangunan seperti semen, kayu, bata, batu dan lainnya. Selain itu, ada juga biaya untuk upah tukang. Biaya-biaya ini bila tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan dana yang dikeluarkan sangat besar.

Padahal, Anda sebagai pemilik rumah inginnya melakukan renovasi dengan biaya minimal namun hasilnya maksimal, kan? Semua orang pasti ingin begini. Tapi kadang, keadaan tidak bisa mendukung. Lalu, bagaimana bila dana Anda tidak terlalu banyak? Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut agar bisa menghemat biaya renovasi untuk rumah Anda.

Renovasi Rumah

  1. Tentukan Konsep tentang Renovasi Secara Matang

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya renovasi adalah menentukan konsep yang matang. Anda harus mengetahui bagian rumah mana saja yang akan Anda renovasi. Setelah itu, tentukan bagaimana desain yang Anda inginkan. Ini berguna agar hasil dari perbaikan rumah Anda bisa sesuai.

Sebab, bila hasilnya tidak sesuai, bisa-bisa Anda harus membongkarnya kembali dan biaya yang akan Anda keluarkan jauh lebih banyak. Selain itu, dengan memiliki konsep yang sudah matang, rukang akan lebih mengerti dan cepat dalam mengerjakan perbaikan pada rumah Anda.

  1. Tentukan Bahan Bangunan dan Kualitasnya

Bila dana yang Anda miliki terbatas, sebenarnya tak masalah bila Anda menggunakan bahan yang kualitasnya sedang. Ini bisa menghemat dana yang lumayan. Bila Anda ingin jauh lebih hemat, bisa menggunakan bahan bangunan bekas. Bila Anda cermat, Anda bisa menemukan bahan yang baik dari bangunan bekas Anda.

Untuk itu, saat melakukan pembongkaran, Anda harus sangat hati-hati. Dengan begitu, bahan yang bagus tidak akan rusak. Penggunaan bahan berkualitas tinggi bisa Anda gunakan pada bagian keramik lantai, kayu-kayu, kusen dan cat interior. Dengan teknik yang tepat dalam membangunnya, bahan bekas dan bahan berkualitas baik ini akan sangat serasi.

  1. Tidak Melakukan Seluruh Bagian Pekerjaan

Maksud dari cara renovasi rumah yang hemat satu ini adalah Anda tidak melakukan satu bagian pekerjaan sehingga waktu yang dibutuhkan lebih sedikit. Misalnya saja untuk bagian tembok, Anda bisa tidak memplesternya. Selain lebih murah, hasilnya juga akan membuatnya tampak alami. Bisa juga dengan mengecat dinding tapi tidak diplamur.

  1. Pemilihan Cara Pembayaran

Dalam melakukan renovasi, Anda harus menggunakan jasa tukang bangunan, kan? Ada dua cara pembayaran yang umumnya dilakukan untuk membayar tukang. Ada yang borongan, ada juga yang harian. Bila konsep rumah sudah matang, Anda bisa memilih sistem borongan agar hemat. Tapi, bila belum sebaiknya pilih sistem harian saja.

  1. Pilih Waktu yang Tepat untuk Melakukan Renovasi

Merenovasi rumah juga memerlukan waktu yang tepat. Salah-salah, Anda bisa mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk ini. Misalnya saja, janganlah melakukan renovasi di musim hujan. Di musim ini tukang akan mengalami banyak kesulitan seperti bagian rumah yang berada di luar akan lebih sulit kering bahkan jadi rusak. Untuk itu, pilih waktu yang tepat!

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya saat melakukan renovasi rumah. Merenovasi rumah memang bukan hal yang mudah dan murah. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menyiasatinya agar biaya yang keluar tidak terlalu besar, kan? Dengan cara di atas, setidaknya Anda bisa menghemat dana yang lumayan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *