Lakukan 6 Cara Menidurkan Bayi Ini Agar Ia Tidur Dengan Nyaman Dan Pulas

Waktu pertama kali memiliki anak, saya sempat kebingunganan dengan bagaimana cara menidurkan bayi karena kurangnya pengalaman serta minim pengetahuan mengenai perawatan. Mungkin para bunda di rumah ada yang mengalami hal serupa???

Agar tidak panik dan bingung seperti saya, ada baiknya bunda menyimak ulasan pada artikel ini mengenai langkah-langkah atau cara menidurkan bayi agar buah hati dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Cara Menidurkan Bayi

1.       Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Dalam hal memilih pakaian bayi, usahakan untuk melihat kondisi, jika kondisi cuaca sedang panas, pakaikan baju berbahan kaos lembut dan tipis. Hal ini akan membuat bayi terhindar dari rasa gerah dan timbulnya keringat. Namun, jika cuaca sedang dingin, gunakan baju bayi berbahan tebal dan hangat. Pakaian yang nyaman tentu akan membuat tidurnya juga nyaman.

2.       Bersihkan Tempat Tidur

Kebersihan merupakan faktor penting dalam hal perawatan bayi, kulit bayi yang sensitif sudah seharusnya mendapat perhatian khusus. Salah satu cara agar bayi tetap sehat terjaga ialah dengan senantiasa membersihkan tempat tidurnya dan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal bayi. Untuk mendapatkan tempat tidur yang nyaman, gunakan alas atau kasur yang empuk, bersih serta lembut, dengan begitu si bayi dijamin dapat tidur dengan tenang.

3.       Kondisikan Ruangan

Adakalanya saat bayi hendak tidur, kita perlu mengkondisikan ruangan misalnya kamar tempat bayi tidur. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ialah pencahayaan. Bayi terkadang lebih cepat tidur jika dalam ruangan dengan pencahayaan yang redup. Apabila ruangan terlalu terang, efek pada cahaya lampu bisa saja membuat mata bayi menjadi silau sehingga rasa kantuk berkurang, selain itu cahaya yang terlalu terang tidak baik bagi penglihatan si bayi.

4.       Hindari Suara Bising

Pada bayi, panca indera pendengaran merupakan panca indera yang berfungsi dengan baik dibandingkan panca indera lainnya. Oleh karena itu, penting untuk menghindarkan bayi dari suara bising saat ia hendak tidur. Suara yang nyaring atau bising bisa sangat mengganggu aktivitas tidur bayi.

5.       Buat Bayi Kenyang

Setelah melakukan beberapa hal penting terkait persiapan tidur bayi, selanjutnya ialah membuat bayi merasa kenyang terlebih dahulu sebelum ia tidur. Caranya, tentu saja dengan memberikan ASI atau susu formula bagi yang masih berumur di bawah 6 bulan. Bayi akan lebih awet atau dapat tidur lama saat perutnya telah kenyang ketimbang tidur dalam kondisi lapar.

6.       Tidurkan Bayi

Langkah yang terakhir ialah menidurkan bayi. Ada berbagai macam cara yang bisa ibu lakukan untuk menidurkannya. Bisa dengan cara menggendong bayi , menepuk-nepuk pelan pantatnya, mengusap kepala dan lainnya. Apapun caranya, pastikan aman bagi bayi.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *