Cara Mengetahui Pinjaman Online Resmi Atau Palsu

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran internet menjadi sebuah hal yang sangat membantu. Hal ini juga berlaku dalam dunia usaha, pengusaha akan bisa lebih mudah dalam menawarkan produk mereka. Selain itu kini juga terdapat cukup banyak lembaga pembiayaan yang melayani pinjaman secara online, salah satunya adalah https://tunaiku.com.

Tunaiku

Pinjaman online saat ini memang juga kian marak, hal ini karena memang dengan sistem online tentu akan lebih memudahkan masyarakat yang membutuhkan pinjaman. Syarat yang diberikan pun juga tidak sulit, seperti yang diterapkkan di https://tunaiku.com.

Namun dengan banyaknya peminat pinjaman online maka tak sedikit pula pihak-pihak yang memanfaatkan situasi untuk memperoleh kentungan tersendiri. Saat ini tidak sedikit pula penyedia layanan pinjaman online yang tidak tepat atau bisa dibilang palsu.

Jika anda masih awam maka bukan tidak mungkin justru akan menjadi korban dari tindak penipuan pinjaman online tanpa jaminan ini. Nah untuk menghindari anda tertipu pihak tidak bertanggung jawab,maka simaklah beberapa tips untuk membedakan penyedia pinjaman tunai online yang resmi dan palsu berikut ini :

  1. Telusuri Melalui OJK

Setiap lembaga pembiayaan yang beroperasi di Indonesia haruslah terdaftar di OJK dan juga diharuskan mematuhi semua aturan dari Bank Indonesia. Nah jika anda menemukan penyedia layanan pinjam uang online cepat yang tidak terdaftar di OJK maka anda patut untuk berhati-hati. Lembaga tersebut biasanya adalah rentenir online, memiliki sistem kerja seperti layaknya rentenir namun sudah di memodifikasi sistem kerjanya melalui internet.

  • Pastikan alamat kantor

Langkah selanjutnya untuk memastikan lembaga pembiayaan itu resmi atau tidak bisa dengan mengecek alamat kantornya. Biasanya penyedia yang resmi akan memiliki alamat kantor yang jelas sehingga mudah untuk ditemukan. Jika anda menemukan situs pinjaman yang hanya menyediakan tampilan nomor telepon tanpa alamat maka perlu waspada. Bisa saja mereka menjadi lembaga yang beroperasi secara tidak resmi.

  • Cek keamanan website

Usahakan untuk memilih lembaga pembiayaan yang menggunakan website dengan awalan “https”, bukan yang hanya “http”. Mengapa demikian ? hal ini dikarenakan huruf “s” telah menunjukkan bahwa situs telah melalui proses enkripsi. Kemanan dari sebuah website juga bisa dilihat dari adanya tanda gambar gembok yang ada pada alamat situs tersebut.

  • Mekanisme peminjaman

Memastikan bagaimana mekanisme peminjaman yang terapkan adalah hal yang sangat penting. Penyedia pinjaman online yang resmi tentu akan dengan terbuka menjelaskan mengenai sistem kerja serta syarat-syarat yang diberlakukan. Informasi yang diberikan pun termasuk juga mengenai batas pelunaan, suku bunga yang diterapkan dan juga bagaimana simulasi cicilannya.

Kejelasan informasi-informasi itu tentu akan cukup sulit anda dapatkan pada lembaga peminjaman yang tidak resmi. Mereka hanya akan menawarkan kemudahan saja tanpa memberitahukan suku bunga serta simulasi cicilannya secara terbuka. Padahal jika sebagai peminjaman tentu informasi tersebut sangatlah penting sebelum memutuskan untuk melakukan peminjaman.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa kami berikan untuk membantu anda membedakan antara lembaga peminjaman yang resmi dan juga palsu. Penting bagi anda untuk memahaminya agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Meskipun dalam kondisi yang mendesak namun anda harus tetap dituntut untuk waspada.

Jika anda masih bingung maka bisa mencoba melakukan pinjaman di situs https://tunaiku.com. Sudah terdaftar di OJK sehingga sudah pasti merupakan lembaga pembiayaan yang resmi. Sekian pembahasan kali ini dan semoga informasi yang telah diberikan ini bisa bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *